Ciri - Ciri dan Manfaat Tanaman Hias Lili Paris - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » Ciri - Ciri dan Manfaat Tanaman Hias Lili Paris

Ciri - Ciri dan Manfaat Tanaman Hias Lili Paris

Written By Admin on Sunday, October 7, 2018 | 4:11 AM

Tanaman Lili Paris di Yahukimo


Tanaman Llil Paris termasuk tanaman berumpun dan berumbi yang tumbuh sepanjang tahun. Daun tipis berwarna hijau atau varigata. Bunga putih bertangkai panjang tumbuh di antara daun dan tunas anak. Memiliki cabang (rhizome) yang membawa tunas - tunas baru. Perawatannya yaitu dengan pemupukan 1 kali / minggu (pupuk cair).

Fungsi tanaman ini yaitu sebagai groundcover, tanaman pot gantung, tanaman pembatas pada taman dan sebagai tanaman pelengkap pada terarium.

Tanaman Hias Lili Paris

Lili paris adalah nama dari tanamaman hias jenis semak yang biasa digunakan sebagai material pembuatan taman dan dalam aplikasinya digunakan sebagai tanaman semak, baik untuk tujuan border, maupun listing. Tanaman ini sebenarnya sangat mudah utuk perawatannya, dan memiliki nilai artistik yang bagus, sehingga banyak digunakan oleh desainer taman maupun tukang taman dalam pembuatan taman, cocok digunakan untuk taman minimalis maupun tropis.

Chlorophytum Comosum atau Lili Paris Termasuk tanaman hias yang populer, karena relatif cepat tumbuh dengan warna daun yang menarik. Apabila sudah cukup dewasa, dari sela daunya akan tumbuh tunas yang panjang, pada bagian ujungnya terdapat tumbuhan muda berupa tunas yang dilengkapi dengan tunas tunas akar,bila ujung tunas ini mencapai tanah maka akarnya akan segera menempel dan masuk ke dalam tanah lalu menjadi tanaman baru.

Lili Paris  adalah tanaman yang berasa dari Afrika Selatan. Tanaman ini sangat bagus bila ditanam di pinggir taman anda atau di dalam pot, bila tanaman digunakan sebagai tanaman gantung kondisi ini akan membuat bentuk tanaman Lili Paris menjadi sangat cantik. Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bisa tumbuh di tempat yang panas, sejuk, terkena sinar matahari langsung ataupun tempat yang terlindung dan Tanah yang disukainya adalah tanah liat.  Perbanyakan Lili Paris bisa dilakukan dengan Generatif yakni perbanyakan dengan tunas yang keluar dari stolen, atau dengan Vegetatif perbanyakan dengan pemisahan anakan.

Ciri Fisik tanaman Lili Paris
Tanaman herba
Daun berwarna terang dengan dipadu warna hijau muda pinggirnya
Daun berbentuk memanjang dengan lebar kurang lebih 4 cm
Berbatang dengan tinggi kisaran 10 cm
Akar serabut, berumbi
Bunga putih dengan ditopang tangkai memanjang
Berbiji dan cepat bertunas

Manfaat Lili Paris
Hampir semua orang pasti tahu bunga Lily, biasanya Lily putih
digunakan sebagai pajangan meja atau bunga hias pada pernikahan. Warnanya yang lembut, kelopaknya yang indah terkesan mewah, tak jarang banyak wanita
menyukainya.Bunga Lily tidak hanya berguna sebagai bunga hiasan, dibalik
keindahannya ternyata bunga ini menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi manusia.

Bunga yang memiliki nama latin Lilium Candidum L ini mengandung beberapa zat kimia penting, seperti flavonoid yang mengandung antioksidan, anti kanker, dan membantu meremajakan kulit, karotenoid sebagai antioksidan dan juga sapion sebagai salah satu zat penghambat pertumbuhan kanker.

Dibalik kecantikan dan warnanya yang indah, bunga lily ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga Lily untuk kesehatan:

Dapat membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh. Dan kelebihannya, Lily dapat menyembuhkan luka tanpa bekas. Kulit Anda akan kembali mulus seperti semula.

Polisakarida yang juga terkandung di dalam bunga ini termasuk dalam kelompok hidrokoloid, fungsinya membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.

Ekstrak bunga Lily dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memberikan perawatan spesial bagi kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.

Saponin pada umumnya terdapat pada umbi-umbian dan biji-bijian. Saponin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol.

Saponin ini juga terkandung di dalam Lily, itulah sebabnya beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan bunga Lily untuk mencegah berkembangnya sel kanker di kulit (apalagi jika kulit terlalu sering terkena sorotan sinar matahari secara langsung).

Demikianla postingan kali ini mengenai "Ciri - Ciri dan Manfaat Tanaman Hias  Lili Paris". Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan buat kalian semua.(*)/baca PL

Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template