almarhum Theys Eluay juga bisa dicatat sebagai Pahlawan Nasional - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , , » almarhum Theys Eluay juga bisa dicatat sebagai Pahlawan Nasional

almarhum Theys Eluay juga bisa dicatat sebagai Pahlawan Nasional

Written By Admin on Sunday, November 11, 2018 | 8:21 AM

Almarhum Theys Hiyo Eluay
Almarhum They Hiyo Eluay seharusnya dicatatt seb agai pahlawan Rakyat Papua kata, Adik, Alm. Gus Dur (Presiden RI ke- 4), Ny. Lili Wahid yang meski tidak memiliki hubungan sedarah namun memiliki hubungan cukup dekat dengan almarhum dan keluarganya. pada Sabtu (10/11/2018) di Jayapura,Papua.

Lili Wahid berharap momentum deklarasi damai ini bisa menjadi langkah awal di Papua dalam rangka menciptakan keadaan yang akan berujung pada kesejahteraan rakyat Papua.
"Sebab tanpa kedamaian, orang tidak bisa hidup tenang. Sebaliknya kalau ada kedamaian, mudah mudahan kesejahteraan akan datang," harapnya.
Menurut mantan Anggota DPR RI periode 2009 - 2014 ini, pemerintah pusat saat ini kurang memberikan pengarahan kepada pemerintah daerah (Papua), sehingga implementasi otonomi khusus (Otsus) untuk kesejahteraan rakyat Papua belum tercapai sepenuhnya. Sehingga keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI masih saja terus disuarakan hingga kini
"Makanya saya akan lakukan pendekatan dengan Mendagri supaya memberikan pengerahan ke pemerintah provinsi juga kabupaten agar kesejahteraan itu bisa tercapai," tuturnya.
Di kesempatan itu, perempuan yang kala duduk di senayan dikenal cukup kritis dalam mengkritik kebijakan pemerintah itu mengusulkan agar sosok almarhum Theys Eluay bisa disejajarkan dalam deretan pahlawan nasional.
"Saya menganggap beliau cukup layak untuk diusulkan sebagai pahlawan nasional. Seperti di Afrika ada Nelson Mandela. Meski perjuangannya tidak sama, tapi yang pasti keduanya berjuang untuk kepentingan rakyat yang dicintainya. Mungkin 2019 atau 2020 kita akan usulkan, karena ada beberapa langkah yang harus dijalankan bersama masyarakat Papua," kata Lili yang juga merupakan salah satu Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan ini.
Nama Almarhum Theys Hiyo Eluay pernah begitu populer di awal tahun 2000-an, sebagai salah satu tokoh yang mempunyai pengaruh cukup besar bagi rakyat Papua. Theys merupakan tokoh pejuang yang berjuang untuk melawan ketidakadilan, penindasan yang dialami rakyat Papua. Pemimpin besar Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua ini terpilih sebagai Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) melalui Kongres Nasional II Rakyat Papua Barat pada Mei - Juni 2000, yang kala itu mendapat persetujuan langsung oleh Presiden Gus Dur.
Konon, keberadaan PDP ini dianggap menjadi ancaman bagi negara karena dikhawatirkan akan menjadi cikal bakal lepasnya papua dari bingkai NKRI.
Pada 10 November 2001, Theys dikabarkan diculik dan ditemukan tewas terbunuh didalam mobilnya di kawasan Skouw Wutung jalan menuju perbatasan Jayapura - PNG. Dari hasil penyelidikan dan penyidikan Kepolisian, terungkap korban tewas dibunuh oleh oknum anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dibawah pimpinan Letkol Hartomo. Kasus ini dibawa hingga ke persidangan, selain dihukum pidana para pelaku juga dipecat secara tidak terhormat.
Dari kasus yang mendapat kecaman dari dunia international ini, sopir almarhum bernama Aristoteles hingga kini belum diketahui keberadaannya. Banyak yang menduga korban telah tewas terbunuh dan jasadnya di kubur di markas kopassus yang berada di kawasan Hanurata Hamadi Kota Jayapura.(*)



Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template