Perjuangan Wartawan dalam mempersatukan perbedaan suku dalam menulis - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » Perjuangan Wartawan dalam mempersatukan perbedaan suku dalam menulis

Perjuangan Wartawan dalam mempersatukan perbedaan suku dalam menulis

Written By Admin on Tuesday, November 6, 2018 | 7:55 PM

Suasana Pelatihan Jurnalis oleh Ence dan Rulan yang didampingi oleh DPRD Yoel Itlay dan Kepsek SMK N1 Musa Rumbiak - Sem Deal for Psmnews.



Jayapura, Psmnews – Perjuangan dalam mempersatukan diantara perbedaan sangatlah penting. Untuk mencapai dalam mempersatukan diantara perbedaan ada berbagai Macam usaha.

Kini yang dilakukan Jurnalis Warga Sagu (JWS) dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Yayasan Teratai Hati Papua (YTHP), nokenwene.com dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Dekai, yang memberikan pelatihan kepada 34 orang Siswa dari beberapa sekolah yang ada di Dekai, Pada Selasa (06/11/2018) selama 6 jam di Dekai.

Pemateri Ence Floriano Geong dari anggota YTHP dan PPMN ini, mengatakan, Jurnalis Warga Sagu (JWS) bisa berperan menyuarakan suara masyarakat yang selama ini tidak mendapat tempat selama ini.

Selain itu, para anggota baru ini terdiri dari berbagai suku di Yahukimo. Dengan bergabung dalam komunitas Jurnalis Warga, maka diharapkan muncul kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan kita.

“Kelompok jurnalis warga yang terdiri dari berbagai anak muda dari beberapa suku di Yahukimo bisa menjadi contoh bagi masyarakat umumnya bahwa perbedaan suku bukanlah masalah tetapi merupakan kekuatan bersama untuk mendorong pembangunan yang tepat sasaran dan berkeadilan,” harap Geong.

Awalnya kita ingin agar ada utusan dari suku-suku di Yahukimo, tetapi karena ada konflik yang terjadi kemarin, makanya tidak semua suku bisa dihubungi dan mengutus anggota sukunya.

Jadi, kami berharap agar ke depannya persatuan anak muda dari berbagai suku ini bisa mendorong perdamaian di Yahukimo.

Sementara itu, Peserta yang terima materi, Sem Deal menyampaikan terima kasih pemateri dari JWS dan PPMN, YTHP, Perjuangan kaka dalam mempersatukan kita serta yang telah memberikan pelatihan. Saya berharap pelatihan seperti ini terus ada guna mendidik dan membina kami dalam menulis. Ternyata bukan sekolah wartawan juga bisa menulis.

“Kami bangga, JWS dan PPMN, YTHP, Nokenwene, yang mana sudah sekian lama mengakomodir anak Asli Yahukimo umumnya,  masing-masing suku 2 sampai 5 anggota di ikutkan dalam pelatihan ini,” kata Sem Deal.

“Kami juga heran,  kalau bukan sekolah jurusan Wartawan, tetapi bisa menulis berita,  kemudian itu bisa di baca oleh semua orang dunia, Indonesia dan Khusus Papua. Terima kasih kedua kaka Ence dan Ruland, yang menggaderkan kami sebagai generasi mampu Menulis,”tuturnya Deal.

Kami juga sangat berharap sekali kepada Kakanda Ence dan Kakanda Ruland, bersama semua Jurnalis senior, agar pelatihan seperti ini terus dilakukan,  biar kami juga bisa sama seperti kaka-kaka.

“Pesan yang disampaikan kaka-kaka pemateri itu, Satu hal yang kami anggota JWS yang baru paham adalah,  harus kita MENULIS suatu Peristiwa yang terjadi berdasarkan fakta atau hasil wawancara, untuk diproduksikan kepada Publik dan itu membantu Masyarakat Papua dan Khusus Kabupaten Yahukimo yang diikutinya”ujarnya. (*)


Editor : PL
Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template