Puluhan siswa perwakilan suku di Yahukimo dilatih menulis - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » Puluhan siswa perwakilan suku di Yahukimo dilatih menulis

Puluhan siswa perwakilan suku di Yahukimo dilatih menulis

Written By Admin on Tuesday, November 6, 2018 | 7:47 PM

34 Siswa SMA sedang mengikuti kegiatan Pelatihan menluis di Sekolah SMK Negeri 1 Dekai - Sem Deal for Psmnews.





Dekai, Psmnews – Puluhan Jurnalis Warga Sagu (JWS) di Yahukimo telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan berkat kerjasama antara  JWS dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Yayasan Teratai Hati Papua (YTHP), nokenwene.com dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Dekai, Pada Selasa (06/11/2018) di Dekai.

Pemateri Ence Floriano Geong dari anggota YTHP dan PPMN ini, mengatakan, untuk mendorong partisipasi kaum muda dalam pembangunan di Yahukimo mereka juga bisa menulis maka kami telah melatih 34 Siswa dari setiap perwakilan suku di Yahukimo yang ada sekolah di kota Dekai.

“Anak-anak muda bisa mendorong pembangunan yang berkeadilan dan tepat pada sasaran jika mengawasi pembangunan yang ada dengan menulis,” kata Ence menjawab pertanyaan pada Rabu (07/11/2018) Subu.

Ia menjelaskan, Dengan diberikannya pelatihan kepada Siswa di Yahukimo untuk menulis adalah untuk diperhatikan isu-isu pelayanan publik serta mengadvokasi kepada Masyarakat dan Pemerintah.

“Pelayanan publik menjadi fokus seperti pendidikan dan kesehatan. Ada banyak masalah dan juga hal-hal menarik lainya yang mestinya diangkat agar menjadi perhatian kita bersama namun, karena kekurangan jurnalis maka tentu hal-hal itu tidak bisa diketahui publik dan Pemerintah khususnya,” ujar Floriano.

Kami berharapan, Pemerintah daerah Yahukimo bisa mendukung kegiatan-kegiatan positif anak muda Yahukimo khususnya untuk pengembangan diri dalam dunia jurnalistik,.

Diapresiasi oleh, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Dekai, Musa Rumbiak menuturkan, Kegiatan ini hanyalah awal dan menjadi dasar bagi kegiatan serupa selanjutnya. Dengan demikian, siswa-siswa yang ikut pelatihan hari ini bisa menjadi kelompok penggerak yang bisa menghidupi Mading di sekolah yang selama ini kurang dimanfaatkan.

"Maka, kegiatan seperti ini sangatlah penting dan merupakan pendidikan di luar pelajaran sekolah yang penting untuk mendorong kepekaan dan bisa membantu kami di sekolah untuk mengembangkan kemampuan anak didik dalam menulis,”ujarnya Musa Rumbiak.

Sementara itu, Yoel Itlay Anggota DPRD dan juga mantan dari Jurnalis ini mengungkapkan bahwa pelatihan seperti ini sangat penting karena jumlah jurnalis di Papua khususnya di Yahukimo yang sangat sedikit.

“Kegiatan ini adalah dasar bagi adik-adik ketika melanjutkan pendidikan karena, jika terus belajar menulis maka akan memiliki pengetahuan yang luas, mampu melakukan penelitian dan menulis untuk kedepan,” kata Itlay.(*)

Editor : PL

Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template