Penggerebekan, Penangkapan, Pembongkaran Dan Pengambilalihan Kantor Knpb Wilayah Timika - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , , , » Penggerebekan, Penangkapan, Pembongkaran Dan Pengambilalihan Kantor Knpb Wilayah Timika

Penggerebekan, Penangkapan, Pembongkaran Dan Pengambilalihan Kantor Knpb Wilayah Timika

Written By Admin on Monday, December 31, 2018 | 9:51 PM

Suasan pengecatan Kantorsekertariat KNPB Timika dengan Bendera Merah Putih dan NKRI Harga Mati di Dinding kantor




Jayapura, Psmnews - Dipenghujung tahun 2018 ini, sekitar pukul 08.10 WIT, aparat TNI dan Polri melakukan penggeledahan, Pembongkaran dan Penangkapan serta pengambilalihan terhadap  Kantor Sekretariat aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Jalan Sosial, Timika, Papua, Senin (31/12/2018).

Departemen Keadilan Dan Perdamaian Koordinator Puncak Selatan Gereja Kemah Injil (Kingmi) Di Tanah Papua, Pdt. Deserius Adii, S.Th. mengatakan Hari ini moment dimana keluarga Besar Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika melaksanakan Ibadah Hari Ulang Tahung (HUT) Kantor KNPB Timika Yang Ke-V sekaligus melaksanakan Ibadah Lepas Tahun Lama 2018 dan Sambut Tahun Baru 2019.

“Sangat disayngkan sekali tindakan aparat TNI - Polri yang melakukan penggeledahan, Pembongkaran dan Penangkapan terhadap 6 orang aktivis  KNPB di Timika di Kantor Sekretariat KNPB di Jalan Sosial, Timika, Papua. Ini menunjukan tindakan aparat dalam menutup ruang demokrasi di republik Indonesia ini,” kata Departemen Keadilan Dan Perdamaian Koordinator Puncak Selatan Gereja Kemah Injil (Kingmi) Di Tanah Papua, Pdt. Deserius Adii, S.Th. melalui siaran persnya kepada Psmnews.org.

Menurutnya, Kegiatan ibadah itu sudah mulai dari pukul 06:00 waktu Papua Barat sampai masuk pukul 08:10 Aparat Kepolisian Resort Timika mengepung tempat kegiatan ibadah berlangsung dengan menggunakan Mobil Dalmas dengan peralatan bersenjata api dan senjata tajam (Parang) dan anggota kepolisian yang menggunakan senjata tajam itu tanpa negosiasi memasuki area bersiapan ibadah kemudian memotong semua berhiasan bersiapan ibadah itu, seperti spanduk, taplak meja, dan bersiapan lainnya.

“Dalam situasi bersamaan aparat gabungan pun memaksa Rakyat bangsa Papua Barat yang berkumpul untuk mengikuti ibadah itu, di bubarkan secara paksa dari tempat ibadah,” kata Adii.
“Kemudian pihak aparat gabungan Tni-Polri menggeledah seluruh bersiapan kegiatan ibadah dan semua aset yang ada di kantor KNPB wilayah Timika serta menghancurkan tugu yang bercorak lambang Mambruk sebagai simbol Nasional bangsa West Papua”.

Penggeledahan dipimpin Kabag Ops Polres Mimika AKP Andika Aer, SIK. Aparat juga menyita atribut KNPB dari tangan seperti Gelang, Topi, noken dan HP diambil dari masyarakat Papua yang datang beribadah, serta menangkap 6 aktivis KNPB Timika yaitu: (1) Yanto Aweriyon Ketua I KNPB Wilayah Timika (30 thn), dan 5 orang anggota(2) Finsen Gobay (29 thn), (3) Eman Dogopia (27 thn), (4) Yohana Kobogauw, (39 thn) Perempuan, (5) Ruben Kogoya (33 thn) (6) Epenus Hisage (29 thn).

Nonton Videonya disini : 


Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH menegaskan, di Papua tidak diperbolehkan membentuk organisasi atau menggunakan lambang-lambang lainnya yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Bagi siapa saja yang melakukan hal tersebut akan diproses secara hukum sesuai aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa Papua telah final masuk kedalam pangkuan Indonesia,” kata Kamal.

Dijelaskan dalam siarannya perss itu juga bahwa, Kegiatan yang dilaksanakan oleh personel Polres Mimika ini dengan melibatkan kurang lebih 80 personel gabungan TNI/Polri.

Mengakui bahwa, Polres Timika juga telah mengamankan, terhadap simpatisan yang termasuk pengurusan KNPB untuk kami ambil keterangannya di Polres.

Ini semata-mata membuktikan kecintaan kita kepada NKRI, kecintaan kita kepada Masyarakat Papua, karena simpatisan KNPB yang hadir disini tidak meprensentasikan keseluruhan masyarakat Papua.

“Mulai hari ini Sekretariat KNPB tidak diperbolehkan, Sekertariat beriperasional dan markasnya. kantor sekertariat itu juga, telah Pemasangan Bendera Merah putih di Jendela bagian depan Kantor Sekretariat KNPB oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, SIK. MH dilanjutkan pengecetan Bendera Merah putih pada didinding tembok kantor Sekretariat KNPB oleh anggota Mapolres Mimika serta penggeledahan Atribut KNPB, pembongkaran dinding yang berlambangkan/logo KNPB, serta pembongkaran tiang bendera,” dalam Siaran Persnya.

Berikut ini 4 point pernyataan Gereja Kingmi Wilayah Selatan terkait, penggeberekan, penangkapan dan pembongkaran kantor KNPB Timika kami dari Sekertariat Keadilan dan Perdamaian Gereja Kemah Injil (Kingmi) di Tanah Papua menyeluarkan Siaran Pers sebagai berikut:
(1) Hentikan dan bertobatlah saat orang Ibadah dibubarkan secara paksa menggunakan alat Negara oleh Tni/Polri di seluruh Indonesia, Papua dan lebih Khusus di kantor KNPB Timika Jl. Sosial, Timika-Papua. (2) Malasah Papua itu bukan masalah organisasi Komite Nasional Papua Barat tetapi masalah sejarah anesasi Papua ke dalam NKRI diselesai secara Internasional yang dilibatkan PBB, Amerika, Belanda, Indonesia dan Orang Papua. (3), Organisasi KPNB ini organisasi yang sangat mengetahui Hukum (UUD dan Peraturan) Republik Indonesia karena setiap kali kegiatan KNPB biasa menyurati pihak kepolisian sebagai Surat Pemberitahuan sebenarnya semua Organisasi yang ada di Indonesia dan Papua harus belajar dari system demokrasi dan system menghargai Hukum yang diajar oleh KNBP itu. (4) Hentikan kriminalisasi terhadap Komite Nasional Papua Barat dan segera mengeluarkan keenam aktivis KNPB Timika yang ditangkap saat Ibadah.(*)


Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template