Kapolres Mimika menanggapi teguran Amnesty International untuk kosongkan Kantor KNPB - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » Kapolres Mimika menanggapi teguran Amnesty International untuk kosongkan Kantor KNPB

Kapolres Mimika menanggapi teguran Amnesty International untuk kosongkan Kantor KNPB

Written By Papuani on Wednesday, January 16, 2019 | 11:39 AM


Awal pembongkaaran Kantor KNPB Timika Oleh Kepolisian Polres Mimika



Jayapura, Psmnews -  Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto menanggapi teguran Amnesty International bahwa aparat keamanan diminta untuk segera meninggalkan Sekretariat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika. 

Kapolres Marlianto menampik anggapan Amnesty Internasional bahwa pihaknya telah melanggar hak asasi manusia (HAM), dengan melarang kebebasan berserikat, berkumpul, dan menyatakan pendapat. 

"Kita hargai setiap lembaga, apakah itu lembaga pemerintahan, lembaga sosial masyarakat atau lembaga internasional lainnya untuk mengatakan itu," kata Marlianto di Timika, Selasa (15/1).

Menurut Marlianto, tindakan menduduki dan menyita fasilitas KNPB Timika sesuai ketentuan KUHP yang dilandasi tiga klausul, yaitu agar perbuatan tidak terulang, tidak menghilangkan barang bukti, dan untuk kepentingan penyidikan. 

"Jadi mari kita sama-sama hormati hukum, karena terhadap KNPB ini sudah ada dalam proses hukum, tiga simpatisan mereka sebagai tersangka (makar) sementara dalam pemeriksaan di tingkat Polda," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pendudukan Sekretariat KNPB Timika di Jalan Sosial, Distrik Mimika Baru itu dilakukan untuk mencegah diskusi bernuansa makar dan upaya memecah belah NKRI dengan kampanye melepaskan Papua dari Indonesia. 

"Oleh karena itu, tempat tersebut dengan sangat berat hati kita terpaksa melakukan penyitaan. Ini digunakan untuk aktivitas makar, jelas itu ilegal dan dilarang," tandasnya. 

Marlianto tak menjelaskan lebih jauh mengenai tindakan pendudukan yang dianggap berlebihan. Dimana dalam surat pemberitahuan kepada Polres Mimika, KNPB menyebut kegiatan mereka ketika itu hanya sebagai ibadah perayaan HUT ke-5 KNPB.

"Kantor tersebut juga berdiri tanpa izin dari pemerintah sehingga kita akan ajukan untuk asistensi dilakukan pembongkaran. Lahan yang ditempati itu masih masuk dalam kawasan kontrak karya PT Freeport Indonesia," katanya.

Hingga kini dua regu aparat gabungan TNI/Polri terdiri dari satu regu Kodim 1710/Mimika dan satu regu BKO Brimob Maluku Utara masih menduduki kantor sekretariat KNPB Timika di Jalan Sosial (Jalan Freeport lama), Timika. 

Aparat telah mendirikan tenda di halaman Sekretariat KNPB Timika, dan membersihkan seluruh coretan bernuansa Bendera Bintang Fajar di gedung tersebut.(*)



baca juga di seputar Papua

Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template