Tersangka kegiatan subversif Polisi mengidentifikasi tiga anggota knpb sebagai tersangka - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , , » Tersangka kegiatan subversif Polisi mengidentifikasi tiga anggota knpb sebagai tersangka

Tersangka kegiatan subversif Polisi mengidentifikasi tiga anggota knpb sebagai tersangka

Written By Papuani on Tuesday, January 8, 2019 | 8:24 PM

Suasana Pemeriksaan 3 Anggota KNPB Timika yang ditahan di Polda Papua





 Jakarta, Psmnews - Polisi Indonesia telah mengidentifikasi tiga anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai tersangka yang dicurigai melakukan kegiatan subversif. Tiga kasus yang dicurigai sekarang telah diserahkan ke Departemen Investigasi Kriminal Markas Besar Kepolisian Daerah (Polda) Papua.

"Tiga kasus tersangka kini telah diserahkan ke Departemen Investigasi Kriminal Markas Besar Kepolisian Daerah Papua." Ahmad Kamal, Direktur Hubungan Masyarakat Kepolisian Papua, mengatakan kepada wartawan, Selasa (8 Januari). Ahmad Kamal mengatakan nama ketiga tersangka adalah SA, MD, dan VG. Sebelum dibawa ke Kepolisian Daerah Papua, tiga anggota Komite Nasional Papua Barat pertama-tama ditahan di Markas Besar Kepolisian Mimika di Timika.


Awalnya, polisi setempat Mimika melakukan pencarian di Komite Nasional Papua Barat. Polisi menemukan berbagai bukti dalam bentuk dokumen yang berkaitan dengan Papua merdeka. Namun, Kamal mengatakan bahwa hingga saat ini ia belum meninjau ketiga tersangka karena mereka menunggu untuk menemani pengacara.

Sebelumnya, polisi Mimika, dengan bantuan Tentara Nasional, melakukan pencarian di Markas Besar Komite Nasional di Timbica, Papua, pada 31 Desember. Pada hari Sabtu (5 Januari), Kepolisian Daerah Mimika di Papua memeriksa delapan aktivis dari Komite Nasional Papua Barat, yang diduga dicurigai telah merongrong kejahatan tersebut.

Veronica Koman, seorang pengacara pembela di Komite Nasional Papua Barat, mempertanyakan validitas proses pemeriksaan karena tidak mematuhi ketentuan KUHAP. Veronica mengatakan bahwa waktu tersingkat untuk peninjauan dilakukan tiga hari sebelumnya.

Veronica juga mempertanyakan dugaan kasus kegiatan subversif yang diselidiki oleh polisi setempat Mimica untuk mengakhiri pendudukan markas Dewan Nasional Papua Mimi Kasai pada 31 Desember 2018.

Menurut Veronica, kegiatan yang diadakan di Sekretariat Komite Nasional Papua Barat pada akhir tahun lalu hanyalah kegiatan ibadah dan kegiatan tradisional, tanpa kegiatan subversif. Veronica benar-benar percaya bahwa polisi setempat Mimika memaksa pembubaran insiden pada saat itu, sehingga melanggar hak untuk beribadah kepada masyarakat.

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat menyayangkan, atas Penetapan tersangka terhadap 3 Aktivis KNPB dengan pasal makar oleh Polda Papua, hanya, karena menggelar Ibadah HUT berdirinya sekertariat KNPB Wilayah Timika ke-V pada 31 Desember 2018 lalu.

“Ketiga anggota Kami telah ditetapkan sebagai tersangkah oleh Polda Papua adalah, hanya untuk menutupi kesalahan dan kebrutalan kepolisian dari Polres Timika pada tanggal 31 desember 2018,” Kata Juru Bicara Nasional KNPB Pusat, Ones Nesta Suhuniap, pada Rabu (09/01/2019), malam pukul 01:00 Wita.

Penetapan tersangka terhadap 3 aktivis adalah murni kriminalisasi terhadap aktvis knpb dan terhadap KNPB secara organisatoris.

“Nama-nama yang proses penetapan tersangka Knpb dan Parlemen adalah Yanto Awerkion Wakil Ketua Knpb Timika, Sem Asso Wakil Ketua Parlemen Timika dan Eman Dikopia Anggota Knpb Wilayah Timika di periksa oleh kasat reskrim dari Polres Mimika,” lanjut Suhuniap.(*)






Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template