Antara Juklak, Kondisi dan Permasalahan kesehatan di Papua - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , , » Antara Juklak, Kondisi dan Permasalahan kesehatan di Papua

Antara Juklak, Kondisi dan Permasalahan kesehatan di Papua

Written By Admin on Monday, August 20, 2018 | 7:19 PM

   
Penulis : Tarully Maniagasi


Jayapura, Psmnews - Dalam pembahasan ini akan dibahas dalam pelayanan kesehatan di Papua. Panjangnya jalur birokrasi dibidang pelayanan kesehatan khususnya pada aspek prosedur dan mekanisme menjadi Variable yang paling bertanggungjawab dalam terkondisinya keadaan kesehatan.
Kita ketahui bahwa pada umumnya alat kesehatan (Alkes), Obat dan beberapa yang berkaitan dengan "Bidang Kesehatan" didanai dari sumber dana alokasi khusus (DAK) dan otonomi khusus (Otsus).

Dana Alokasi Khusus (DAK)
Kedua sumber dana ini memiliki petunjuk pelaksanaan (Juklak) yang digeneralisir sama dengan urusan bidang-bidang lainya dalam tata kelola Pemerintahan dan terkondisi sama dengan Provinsi lain di luar Papua,
"DAK" harus merujuk pada juklak yang mengatur proses "Lelang kolektif" yang membutuhkan waktu "Proses" yang lumayan panjang.

Sementara rujukan media yang menyediakan obat harus sesuai dengan yang telah ditunjuk oleh kementerian kesehatan (kemenkes) dan semua penyedia itu cuma ada di wilayah barat indonesia, (terlalu jauh maju).

Proses pembelian obatnya harus "Antri" mengingat seluruh daerah baik dari pemda dan SWASTA harus  membeli obat dan Alkes di sana dan belum lagi untuk waktu mobilisasinya yang menggunakan jalur laut yang relatif sangat lambat. (tidak lewat udara karena  takut RUGI alias demi "Efisiensi").

Kondisi ini terjadi berulang-ulang dan terkesan ada "proses pembiaran" untuk terpelihara tanpa ada opsi lain untukk memecahkan masalahnya.
Para petugas medis di rumah sakit pemerintah, puskesmas dan pustu dibiarkan terus tidak terfasilitasi degan obat dan Alkes yang menjadi kebutuhan utama dalam melakukan pelayanan.. (bukan untuk petugas medis "Pemalas" yang hanya putar-putar di kota saja).
Sangat berbeda degan pelayanan komersil yang diselenggarakan oleh pihak "Swasta"..(Rumah Sakit dan Apotik-apotik).
Semua serba cepat dan mudah. Meskipun konsekwensinya "harus dibayar Mahal" oleh pasien untuk dapat obat cepat dan gampang.

Dana Otsus pun Demikian
Tidak jarang terdengar bahwa droping dana dari kementerian keuangan belum masuk ke kas daerah (kasda) Provinsi dengan alasan belum semua kabupaten atau kota menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan dana tahun sebelumnya. (Pasien harus sabar tunggu Surat pertanggung jawaban (SPJ) dari 29 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Papua.

Akibatnya, penyediaan obat dan alkes harus tertunda sampai dana tersedia dahulu. Memang tadak hal ini satu-satunya yang menjadi fundamental problem dari tidak maksimalnya pelayanan kesehatan di tanah Papua."Khususnya kami yang berada didaerah-daerah tersulit di wilayah pegunungan," semua pake Pesawat dan tunggu cuaca mendukung dulu.

Begitu kompleksnya permasalahan yang ada, tentu harus ada Pengecualian bagi  Provinsi Papua utamanya dalam  hal "Obat, Alkes, 
Sarana dan prasarana serta Petugas Medis yang bermuara pada meningkatnya yaminan kesehatan (YANKES), Profesionalisme serta kesejahteraan para petugas medis yang ada.

Kebijakan-kebijakan yang ditetaskan selama ini bersifat General dan tidak mengakomodir kondisi Papua yang sangat berbeda dengan provinsi-provinsi lain di luar Papua, "akibatnya muncullah berbagai permasalahan kompleks yang selalu terlihat di depan mata, dan setiap menit terdengar di telinga kita," Merubah Kebijakan serta Memberi Pengecualian mungkin merupakan sebuah konsep dari pilihan opsi yang dapat meminimalisir kompleksnya permasalahan yang ada saat ini.(*)

Penulis : Tarrully Maniagasi, SE.
Editor   : Piter Lokon

Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template