Berdasarkan Perda Yahukimo nomor 21 tahun 2017 Perizinan melalui satu pintu - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » » Berdasarkan Perda Yahukimo nomor 21 tahun 2017 Perizinan melalui satu pintu

Berdasarkan Perda Yahukimo nomor 21 tahun 2017 Perizinan melalui satu pintu

Written By Admin on Sunday, August 12, 2018 | 9:06 AM




Jayapura, PsmNews - Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kabupaten Yahukimo dalam mencapai target Standar Pelayanan Minimal (SPM) maka semua perizinan surat dilimpahkan semuanya ke Dinas PTSP.

Berdasarkan peraturan Pemerintah Daerah (Perda) nomor 21 tahun 2017 tentang pendelegasian seluruh kewenangan Perizinan Kepada Pelayanan  perijinan kepengurusan surat-surat dari dinas-dinas semua melalui di dinas penanaman modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  Yahukimo, yang diperkuat dengan peraturan Bupati nomor 161 tahun 2017 tentang pembentukan tim teknis Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk proses perizinan dan non perizinan.

Kepala dinas penanaman modal dan PTSP kabupaten Yahukimo Efraim Kenangalen mengatakan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) kerja dari dinas telah diatur bagaimana dapat mencapai standar Pelayanan Minimal (SPM), serta Untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi didalamnya yaitu perijinan di kabupaten Yahukimo semua dilimpahkan ke kami,
“Tingkat kepuasan yang dimaksud yaitu yang dulunya dalam pengurusan surat yang memakan waktu tiga sampai satu minggu kini dapat di selesaikan dalam waktu 1 sampia 2 hari. Semua surat melalui satu pintu dengan tanpa pungut biaya karena kami sudah atur,” kata Efraim di jayapura pada Jumat (10/8/2018) di Jayapura.

Ia menjelaskan, Beberapa perizinan yang ada di satuan kerja operangkat daerah (SKPD) Semua dilimpahkan ke dinasnya. Pelayanan yang dimaksud adalah dalam kepengurusan Situ dan Siup dari dinas Perdagangan Perindustrian  dan Koperasi (Perindagkop), Urusan dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan kantor SKPD lainnya serta BUMN yang ada di Yahukimo salah satunya BPJS Kesehatan yang ada di Yahukimo hari ini ditanda tangani perpajangan kerja sama.
“Dalam urusan surat sudah disentralkan ke kami untuk melaksanakan tugas pelayanan perizinan begitu. Jadi, Prosesnya dari dinas atau BUMN bersangkutan setelah verifikasi kemudian mereka memberikan surat rekomendasi dan kami terima dan sudah sesuai kami mengeluarkan perizinan,” katanya.

Menurutnya, Untuk menangani itu, di dinas sudah dibentuk khusus yaitu PTSP, “ Sesuai dengan harapan Pemerintah Daerah yaitu bagaimana mewujudkan pelaksanaan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan bagaimana mendekatkan diri serta memberikan akses yang mudah sehingga masyarakat merasa puas terkait dengan pelayanan yang kami berikan,”ujanya.

Ia berharap dengan diperlakukannya pelayanan melalui satu pintu itu memberikan solusi dan juga kemudahan kepada masyarakat yang kepengurusannya memakan waktu dan memungkinkan saja ada biaya dalam kepengurusan namun dinas bersangkutan dipangkas semuanya atau nihil,
“Dengan perizinan satu pintu ini memberikan solusi yang urusannya memakan waktu cukup. Urusan di dinas kami memberikan Pelayanan yang maksimal dalam kepengurusan hanya satu sampai dua hari, tidak terlalu lama dan urusannya tampa pungut biaya, Gratis. Utamanya meningatkan pelayanan ” katanya Kenanggalem dari terpisah.(*)




Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template