DPRD Yahukimo bentuk tim Panusus penambangan Emas ilegal Korowai - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » » DPRD Yahukimo bentuk tim Panusus penambangan Emas ilegal Korowai

DPRD Yahukimo bentuk tim Panusus penambangan Emas ilegal Korowai

Written By Admin on Sunday, August 26, 2018 | 6:51 AM

Ikatan Suku - Una Kopkaka, arimtap, Arupkor, Mamkor dan Momuna (IS-Ukam) demi di Kantor DPRD


Jayapura, Psmnews – Anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Yahukimo telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk Penambangan Emas Ilegal di Wilayah Una-Ukam.

Ketua Panitia (Pansus) penambangan emas Ilegal di korowai, Isak Salak mengatakan kami di lembaga DPRD Yahukimo telah membentuk Pansus untuk tindak lanjut terkait aksi demo yang dilaksanakan di Kantor DPRD Yahukimo pada, 20 Agustus 2018 lalui di Dekai,

“Kami setelah terima aspirasi Masyarakat Una-Ukam pada 20 agustus, kemarin kita ada rapat dan sudah bentuk tim Pansus, Saya sendiri ditunjuk ketua,” kata Isak Salak kepad media ini pada, Rabu (23/8/2018).

Menurutnya, Akan melaksanakan mekanisme DPR, “Aspirasi sudah disampaikan ke DPR dan kami sudah menerima resmi dan Kami sudah bentuk pansus,” 

Tim yang yang dibentuk itu ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan diantaranya, mengundang tim demo ketua ikatan suku Una Kopkaka, arimtap, Arupkor, Mamkor dan Momuna (IS-UKAM), sekertaris dan Korlap kemudian selainnya akan ada masyarakat atau kelompok yang memberi dukungan pro dan kontra. Untuk kerja itu memang waktu yang panjang. Hasil dari keputusan akan diparipurnakan baik pihak demo, masyarakat dan pihak ketiga yang terlibat didalam.

‘Tim pansus akan turun sampai dengan identifikasi lokasi penambangan dan semuanya itu akan disimpulkan dan diparipurnakan DPRD, itu yang akan kami lakukan. Ia menjelaskan dibentuk pansus berdasarkan sembilan tuntutan,” kata Isak

Tuntutan itu yakni, Perusahaan yang ada segera tarik diri dari lokasi penambangan! DPRD Yahukimo segera membuat pansus emas ilegal di Yahukimo. Kepada siapa pun yang ada dibelakang  perusahan ini  untuk segera minta maaf kepada masyarakat una an ukam dan tarik diri. Segera berhentikan mobilisasi orang dan alat  dari luar orang una ukam  untuk  mendulang emas baik lewat darat, air dan udara. Segala  aktifitas penambangan  emas  di wilayah una ukam stop sampai ada konsesus bersama  dengan yang punya dusun, Pemerintah, dan gereja.

Menambahkan, Aparat kepolisian segera mengusut dugaan ilegal minning di wilayah una ukam dan memberhentikan seperti korowai sambil menunggu negosiasi dengan para pihak. Gubernur Papua telah membatalkan dan menberhentikan ilegal minning di kawe dan sekitarnya. kami apresisasi langkah tegas gubernur tersebut. dan hal ini pula harus berhentikan segala aktifitas ilegal minning di wilayah ukam. Stop mengklaim tanah, kayu, hutan dan manusia una ukam sebagi pemilik dan  segera stop jadikan objek oleh pengusaha, politisi dan oknum masyarakat untuk merampas kekayaan alam una ukam. Kami minta Pemerintah segera melakukan dialog dengan pemilik  hak ulayat untuk mencari format yang tepat dalam rangka  menemukan skema penyelesaian persoalan ini.

Sementara itu Sekertaris aksi, Paus Maling mengatakan, berhubung dengan situasi pendulangan Emas yang terjadi di wilayah suku Una, Momuna dan Arimtap (UKAM) Kabupaten Yahukimo secara  sepihak oleh perusahan–perusahan.

“Tanpa memperhatikan atau melibatkan  hak kesulungan orang Asli  Papua, dan tanpa konesensus bersama masyarakat lokal mengakibatkan  orang Asli menjadi penonton,  dan lebih parah lagi sudah dan sedang terjadi perusakan lingkungan karena tanpa dilakukan Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) dan berpotensi untuk pelanggaran hak – hak komunal atau pribumi sudah terabaikan  oleh perusahaan yang beroperasi di wilayah ini. Tuntutan kami menuntut agar segera!”tegasnya Maling.(*) /PL


Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template