KNPB membanta pernyataan kepolisian penangkapan penyebar Video Papua Merdeka di Papua - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » KNPB membanta pernyataan kepolisian penangkapan penyebar Video Papua Merdeka di Papua

KNPB membanta pernyataan kepolisian penangkapan penyebar Video Papua Merdeka di Papua

Written By Admin on Friday, August 24, 2018 | 9:31 PM

Ilustrasi Anggota KNPB, Nesta Suhuniap sedang Bicara dalam suatu acara


Jayapura, Psmnews - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat membanta pernyataan kepolisian Reppublik Polda Papua melalui humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal  bahwa penangkapan Agustinus Yomael (AY) dan anaknya berumur 5 tahun tersebut, ditudu sebagai penyebar Video Papua Merdeka pada anak-anak serta terkait dengan penahanan, Kamis (23/8/2018) malam di Timika Papua.


Melalui Sekertaris umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pusat, Ones Nesta Suhuniap melalui pesan selektronik mengatakan, pihaknya membanta pernyataan Kepolisian polres Mimika dan Polda Papua mengatakan bahwa penangkapan terhadap Agustinus Yomael (AY) dan anaknya berumur 5 tahun tersebut, pada 23 agustus 2018 lalu di Timika.

"Tidak bisa ditangkap sembarang dan dikatakan menjadikan obyek sebab. Pernyataan ini hanya untuk menutupi kesalahanya. Video yang diupload di facebook itu bagian dari hak kebebasan berekpresi yang dijamin oleh hukum," kata Nesta pada Sabtu (25/8/2018).

Dikatakan, Kata obyek hanya pencitraan dan menutupi tidak yang brutal tersebut. Sebab anak itu bukan anak orang lain dijadikan obyek tetapi itu anak sendiri. Pertanyaanya apa dan dasar hukum penagkapan apa sehingga ditangkap pada malam hari? kemuadian anak dibawah umur ditahan?.


Sebelumnya, yang dikutip, kompas.com bahwa seorang pria berinisial AY ditangkap Satuan Reskrim Polres Mimika, lantaran diduga membuat dan menyebarkan video tentang “Papua Merdeka,” Kamis (23/8/2018) malam. Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan, pelaku menjadikan anak-anak kecil sebagai objek dalam video tentang “Papua Merdeka.”.

“Benar adanya penangkapan dilakukan Polres Mimika di salah satu Perumahan Bumi Kamoro Indah,” ungkap kamal, Jumat (25/8/2018) malam. Selain mengamankan pelaku, ungkap Kamal, polisi juga menyita barang bukti berupa tiga unit telepon genggam, tiga unit leptop, satu unit mobil dan dompet yang berisikan identitas pelaku.

Kamal menegaskan, penangkapan terhadap AY lantaran yang bersangkutan membuat video anak-anak yang mendukung Papua Merdeka. AY jerat pasal 45 a ayat 2 UU ITE No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU ITE no 11 tahun 2008. “Dalam pasal itu dikatakan, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (sara) sebagaimana dimaksud dalam pasal 28 ayat 2,” kata Kamal.


Kamal menambahkan, sejauh ini AY masih menjalani pemeriksaan terkait pembuatan video tersebut. “Nanti setelah pemeriksaan, baru kita bisa tetapkan yang bersangkutan, apakah bisa memenuhi unsur untuk dijadikan tersangka atau tidak,” tegasnya.(*) / Admin




Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template