Pemkab Yahukimo target peringati Hut RI dengan Sukarela - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » Pemkab Yahukimo target peringati Hut RI dengan Sukarela

Pemkab Yahukimo target peringati Hut RI dengan Sukarela

Written By Admin on Sunday, August 12, 2018 | 9:30 AM

Bupati Yahukimo Abock Busup saat memberikan peiagam penghargaan kepada Perserta Paskibra.


Dekai, PsmNews Pemerintah Kabupaten Yahukimo telah menargetkan memperingati hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2018 dengan sukarela untuk partisipasi, Karena tidak mengalokasikan anggaran dalam peringati HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018. Hal tesebut disampaikan Bupati Yahukimo, Abock Busup MA melalui pesan selulernya kepada Jubi, pada Minggu (12/8/2018).
Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2018, Pemerintah Daerah (Pemda) tidak disiapkan atau anggarkan dengan alasan, “Perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-73 adalah milik bersama warga negara Indonesia, sehingga kita, merayakan dengan sukarela oleh semua warga negara di Wilayah Kesatuan Indonesia,
“Perayaan Hut RI ke-73  tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten tidak siapkan anggarana dari APBD dalam DPA karena ini adalah milik bersama warga negara Indonesia sehingga kita merayakan dengan sukarela  oleh semua warga negara di Wilayah NKRI dan khususnya di Yahukimo,” kata Bupati

Lanjutnya, Perayaan Kemerdekaan tahun 2018 Pemda Kabupaten Yahukimo maka sudah membentuk Panitia bersama terdiri dari Pemda, TNI, POLRI, Tokoh masyarakat,dan para pelaku usaha di Ibu Kota Kabupaten Yahukimo semua ikut mengambil bagian dalam kegiatan HUT Kemerdekaan yang ke-73 tahun di Kabupaten Yahukimo.
“Pemda Yahukimo tidak memungut apapun atau minta paksa, tetapi sumbangan sukarela atau kesadaran karena sudah menikmati kemerdekaan itu,” kata Bupati.

Bupati mengharapkan kepada warga Masyarakat Yahukimo ikut mengambil bagian dalam kegiatan HUT kemerdekaan RI ke 73 ini,
“Harap semua ikut mengambil bagian agar kita membangun Kabupaten Yahukimo bersama,” ujar Bupati.
Sementara itu, Sekda Kabupaten Yahukimo, Tarully Maniagasi menjelaskan, Peringatak ini tahun ini adlaah kontribusi dan kesadaran dari semua elemen Masyarakat, Warga Negara yang ada di Daerah Yahukimo untuk ikut partisipasi,
“Jadi, tidak ada unsur Wajib atau unsur paksaan untuk partisipasi melalui sumbangan dan lainnya, tetapi ini perayaan untuk kita semua karena Ulang Tahun RI, dari kita untuk. Bukan hut Pemda, Polri, TNI atau BUMN dan siapa-siapa tetapi ini milik kita semua karena adanya Kemerdekaan RI itu kita semua bisaya berkerja dan berkarya di republik ini sesuai dengan Tupoksi kita masing-masing,” kata Sekda melalui telpon seluler pada Minggu (12/8/2018) di Jayapura.

Kita Bersyukur, karena kemerdekaan kita semua ada disini, ada yang jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), DPRD, TNI, POLRI, BUMN, pengusaha, Pedagang dan lainnya, Maka dengan meraskan itu Panitia undang untuk semua ikut serta atau partisipasi dalam merayakan ulang tahun Negara,
“Sekali lagi tidak ada paksaan tetapi SKPD mau sumbang, atau tidak itu tergantung pada orang atau kesadaran. Tetapi jika tidak, tidak papa karena tak ada paksaan. Jika, Indonesia tidak merdeka tidak mungkin jadi pejabat atau kita bekerja seperti sekarang ini, tetapi karena adanya kemerdekaan ada yang bekerja di negara ini, dengan demikian Wujud dari rasa mengucap syukurnya bagaimana ikut serta dalam hUT ini dengan bisa sumbang Materi, Pikiran dan terserah. Ini tidak paksa tapi sukarela,” kata Sekda.

 Menurutnya, hal ini dilakukan bukan hanya di Yahukimo tetapi di daerah lainnya di Indonesia sama dan itupun berdasarkan kesepakatan bersama, “Ini kewajiban warga negara untuk merayakan hari ulang tahun, Bukan Kewajiban warga negara untuk memberi sumbangan ini salah. Kita ada karena alam kemerdekaan indonesia di semua unsur, Pemerintah, Institusi Kemanan, BUMN seperti BANk Papaua, Bank BRI, PLN, Pertamina, Pengusaha dan Masyarakat dari suku-suku luar Papua ada disini,” katanya.
Seperti “John Keneddy” bilang jangan kau tanya apa yang negara berikan kepada kau, tetapi seharusnya tanya dalam diri masing-masing apa yang kau berikan kepada Negara. Maka sesuai dengan itu di Yahukimo rayakan HUT ke-73 tahun ini mengikut sertakan semua komponen Masyarakat bagaimana partisipasinya.
Sumbangan Sukarela yang diperoleh diantaranya Rp200 jutaan dari target 1,6 Miliar dan ada pula sumbangan sukarela diperoleh dari partisipasi dari semua unsur dengan Air Minum dan lainnya serta sumsbangan dana yang terpanggil untuk partisipasi.(*)


Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template