Kronologis satu ditembak dan 27 orang Papua ditahan Polres Merauke - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » » Kronologis satu ditembak dan 27 orang Papua ditahan Polres Merauke

Kronologis satu ditembak dan 27 orang Papua ditahan Polres Merauke

Written By Admin on Sunday, November 25, 2018 | 8:25 PM

Suasana 27 orang yang ditahan sedang tulis nama yang diberikan oleh Polres Merauke - Manuel M.


Jayapura, Psmnews - Kronologisnya Sabtu 24 November 2018, Jam: 7.00 di Jalan Sulawesi RT 01 RW 01 belakang RSUD Kelurahan Karang Indah Distrik Merauke Kabupaten Merauke.

Beberapa oknum polisi memukul tiga warga Papua yang mengakibatkan harus di larikan ke RSUD Merauke.

"Ada seseorang yang bukan berasal dari kompleks tersebut berdiri di samping rumah sehingga warga saling memberi tahu bahwa ada orang jahat di mana dia duga dari kelompok yang mencari ginjal. Sebab itu warga mengejarnya sampai di arah sumur Bor belakang (rumah Sakit Umum Daerah Merauke), tetapi meloloskan dirinya dari pengejaran. Setelah kejar warga kembali ke kompleks Belakang rumah Sakit Umum daerah Merauke. Tetapi tiba tiba ada suara seorang ibu yang mengatakan bahwa anaknya sedang di culik oleh orang orang tidak di ketahui".

Mendengar teriakan itu, warga kembali untuk mengejar orang tersebut tetapi nasib sial. Orang di kejar sempat meloloskan dirinya lagi. Akhirnya warga kembali untuk menuju rumah masing masing. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, muncullah polisi dengan mobil Patroli dan saat itu, polisi minta kembali ke rumah masing masing. Tetapi warga menjawab bahwa kami ini sementara menuju rumah kita masing- masing.

Sehingga warga minta polisi pulang meninggalkan kompleks. Tetapi aksi aduh mulut antara polisi dan warga semakin berargumen dan akhirnya mulai saling menyerang. Maka akibat dari itu satu kena tembak serta dapat pukul sedangkan dua dapat pukul. Setelah kejadian itu beberapa warga di bahwa ke polres dan sampai sekarang masih di tahan di Polres Merauke.

Tiga diantaranya adalah: 
1. Bonivasius Buyopu Sirmi, 5 kali di pukul di kepala dengan menggunakan Popor Senjata dan Dua kali di pukul di bagian Belakang. Luka di bagian kepala Mengalami pendarahan.

2. Anselmus erro, di pukul di kepala sebanyak 3 kali dan di bagian belakang sebanyak 2 kali.
3. Melkior Jebo, di pukul di bagian belakang kepala dan juga di TEMBAK dari belakang sehingga peluru menembusi tubuhnya sebelah kiri, korban tersebut masih di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah Merauke. (Gempar Papua).

Kepolisian daerah (Polda) Papua, dalam rilis mengatakan telah mengamankan 27 pemuda terkait pengerusakan mobil milik Kabag Ops dan penyerangan terhadap anggota Polres Merauke saat hendak mendatangi tempat kejadian keributan antar warga di Jl. Maluku Kompleks Belakang RSUD Merauke.
Dari keterangan seorang saksi, Emanuel Jebo yang merupakan RT di Kelurahan Karang Indah, kejadian ini berawal saat sekitar pukul 18.00 WP, seorang yang tidak dikenal menggunakan sepeda motor datang ke kompleks belakang rumah sakit dengan membawa kapak. Melihat hal tersebut, masyarakat yang berada di sekitar belakang rumah sakit langsung menyerang orang tersebut, yang menganggap bahwa orang tersebut merupakan pelaku penculikan anak, dan orang tersebut berhasil melarikan diri.
Mendengar kejadian tersebut Kabag OPS Polres Merauke AKP Leonardo Yoga, SIK, bersama anggota yang berjumlah 8 orang, mendatangi tempat tersebut. Setibanya, Kabag Ops langsung menemui warga guna menanyakan permasalahan tersebut.Pada saat Kabag Ops berdialog dengan warga, datang massa kurang lebih 40 orang membawa alat tajam berupa parang, kapak, besi, balok, panah.
“Sebagian ada yang melakukan provokasi terhadap masyarakat lainnya dengan mengatakan kamu (polisi) sudah kerja sama dengan penculik tadi. Mereka menyuruh petugas kepolisian untuk mundur atau kembali,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A.M Kamal dalam pernyataan.
Kabag Ops berusaha menenangkan massa namun tidak berhasil. Selanjutnya Kabag Ops bersama anggota mundur, akan tetapi massa sudah tidak bisa dikendalikan kemudian menyerang petugas dan kendaraan dinas Kabag Ops Polres Merauke, yang mengakibatkan mobil rusak dan tiga orang anggota Polres terluka.(*)

Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template