TPNPB menduga: Operasi Militer Indonesia Korbankan 6 Warga Sipil di Nduga Papua - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » » TPNPB menduga: Operasi Militer Indonesia Korbankan 6 Warga Sipil di Nduga Papua

TPNPB menduga: Operasi Militer Indonesia Korbankan 6 Warga Sipil di Nduga Papua

Written By Admin on Sunday, December 9, 2018 | 9:21 AM


PNG, Psmnews - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNB) menduga. Dalam Operasi Militer Indonesia, melalui Aparatnya Tentara Nasional Indonesia dan Polisi repubik Indonesia (TNI POLRI), dalam Evakuasi 19 Jenazah dan mencari orang yang belum ditemukan. Telah dikabarkan, Korbankan 6 Warga Sipil di Kabupaten Nduga, Papua.

Sesuai Perintah Petinggi Militer Indonesia Hari Ini Gabungan Tentara Indonesia (TNI) Masuk Distrik Yigi dan Mbua

Dalam lapran tertulis yang diterima Media, Psmnews.org oleh, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, Organisasi Papua Merdeka (Jubir TPNPB OPM) Sebby Sambom bahwa, Pada  Sabtu (8/12/2018), bahwa, Pihaknya telah diterima via radio gram dari Distrik Nirkuri, Yigi, Iniknggal, Mugi dan Yal melaporkan bahwaa, 6 orang telah tewas dalam serangan balasan.

"Penyerangan melalui udara menggunakan helikopter, TNI sejak hari pertama sampai kemarin yaitu 2 arah selatan kali yigi dan Timur arah perdekatan Wamena. Mereka turunkan Bom. Bom yang diturunkan dari udara 12 kali yaitu Daerah Yigi 7 kali dan Mbua 5 kali. Tidak hitung dengan tembakan senjata mesin melalui udara yang dihamburkan di daerah Yigi dan Mbua daerah pemukimanl Warga sipil," kata Sebby Sambom Jubir TPNPB, pada Minggu (09/12/2018).

Korban Warga sipil 6 orang diantaranya 2 tewas ditempat mereka adalah Aparat Desa Kunjondumu dan Aparat Desa Wuridlak,dan 4 lainnya dalam keadaan kritis.

"Masyarakat yang lari behamburan kehutan, melindungi diri sejak hari pertama sampai sekarng. Belum dikumpulkan, tidak diketahui keberadaannya termasuk kerugian material belum terhitung," ujar Sambom.
Aparat TNI menuju ke Nduga.
Semua pasukan tentara nasional Indonesia  dan Polisi Republik Indonesia (POLRI) berkumpul di Distrik Mbua. ada tambahan Personil TNI dan POLRI dari Wamena jalur darat 50 Mobil Strada dan 2 Thank perang dengan persenjataan lengkap telah menuju ke Distrik Mbua.

"Sementara pihak TPNPB belum ada korban sehingga siap tempur melawan TNI dan POLRI".

tambah Sambom, Mohon maaf untuk daerah Mbua,Dal dan Mbulmu, Yalma belum terkendala komunikasi namun di duga banyak korban disana karena perdekatan dengan Pos TNI dan POLRI.

"Jadi, 6 warga sipil adalah penduduk pribumi Nduga, Papua. Masyarakat telah mengungsi dan belum kembali ke kampung. Warga sipil akibat Kelaparan akan korban nyawa". 

"Warga non Papua TNI dan Polri telah evakuasi dengan aman. Namun bagi penduduk pribumi tak ada perhatian dan jaminan perlindungan bagi warga sipil penduduk pribumi," bebernya. 

Lanjutnya, Ratusan Gabungan militer Indonesia telah masuk wilayah Mbua dan Yigi, sebut dalam laporan ini. Tindakan aparat gabungan ini akan menimbulkan banyak korban warga sipil. 

Oleh karena itu, badan Perserikatan Bangsa-Bangsa menirim misi urusan pengungsian dan pertolongan jaminan kehidupan bagi penduduk pribumi. Karena alasannya TNI Polri membiarkan warga sipil penduduk pribumi dan selamatkan warga sipil penduduk non pribumi. Untuk itu segera mengambil tindakan keselamatan warga sipil penduduk pribumi.

"Telah jelas bahwa TPNPB akan tetap berhadapan dengan militer gabungan Indonesia yang telah masuk di Mbua dan Yigi. Tentara Nasional Indonesia dan Tentara Pembebasan Nasional Papua akan berperang disana. Tidak ada jaminan perlindungan warga sipil penduduk pribumi,"tutupnya Jubir(*).


Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template