Gereja dijadikan tempat tinggal Aparat keamanan TNI dan Polri Timika Papua - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , » Gereja dijadikan tempat tinggal Aparat keamanan TNI dan Polri Timika Papua

Gereja dijadikan tempat tinggal Aparat keamanan TNI dan Polri Timika Papua

Written By Papuani on Wednesday, January 16, 2019 | 12:24 PM

Aparat Keamanan yang bertugas di Banti, Tembagapura



Portmoresby, Psmnews - Aparat keamanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Rebublik Indonesia (Polri) dari Kodim dan Polres Tmika, dikabarkan Gereja dijadikan tempat tinggal banti Timika, Papua.

Tokoh masyarakat Amungme, Mimika, Nerius Katagame, menyoroti keberadaan aparat keamanan TNI/Polri yang bertugas di Banti, Distrik Tembagapura, pasca wilayah itu diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu. 

Nerius selaku Ketua Lemasa mengaku telah menerima loporan dari masyarakat bahwa aparat keamanan menempati rumah ibadah mereka, serta gedung sekolah di sana sebagai tempat tinggal selama beberapa waktu terakhir.

"Untuk itu saya minta bupati (Eltinus Omaleng) agar sebaiknya kita sama-sama berangkat melihat situasi di sana," kata Nerius kepada Bupati Eltinus pada diskusi pasca divestasi 51 persen saham Freeport di Hotel Cenderawasih 66, Selasa (15/1).

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto menjelaskan, keberadaan aparat TNI/Polri di Banti menyusul insiden penyerangan KKB yang turut membakar sekolah dan rumah sakit Banti, serta mengintimidasi guru di Aroanop.

"Pasukan gabungan yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi, dikerahkan ke sana pasca serangan KKB dan masih melakukan pengamanan sampai saat ini di sana," kata Marlianto.

Namun demikian, Kapolres mengakui bahwa memang sejauh ini belum ada tempat untuk pasukan sehingga terpaksa harus menempati rumah ibadah di sana. 

Menurut Kapolres, belum memungkinkan untuk menarik pasukan dari Banti dan sekitarnya, mengingat potensi gangguan KKB masih ada dan dikhawatirkan bisa kembali menduduki wilayah itu. 

"Kalau pasukan diminta untuk diturunkan, maka apabila kejadian terulang, kembali ada serbuan dari KKB, itu tidak bisa diantisipasi nantinya," kata dia. 

Oleh karena itu, Kapolres berharap Bupati Eltinus Omaleng segera merespon masalah ini paling tidak bisa mendirikan bangunan sementara untuk ditempati aparat TNI/Polri menjaga keamanan di Banti kompleks. 

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat di Banti II, karena untuk sementara mereka harus beribadah di Opitawak. Memang agak jauh sedikit, tapi itu bisa digunakan," tuturnya.(*)


Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template