Hanya Ibadah, Polda Papua tetapkan 3 Aktvis KNPB sebagai Tersangka Makar - Psm News West Papua Indonesia
Headlines News
Home » , , » Hanya Ibadah, Polda Papua tetapkan 3 Aktvis KNPB sebagai Tersangka Makar

Hanya Ibadah, Polda Papua tetapkan 3 Aktvis KNPB sebagai Tersangka Makar

Written By Papuani on Tuesday, January 8, 2019 | 6:13 PM

Situasi Pemeriksaan Anggota KNPB terkait Ibadah Hut KNPB Timika ke V




Jayapura, Psmnews – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat menyayangkan, atas Penetapan tersangka terhadap 3 Aktivis KNPB dengan pasal makar oleh Polda Papua, hanya, karena menggelar Ibadah HUT berdirinya sekertariat KNPB Wilayah Timika ke-V pada 31 Desember 2018 lalu.

“Ketiga anggota Kami telah ditetapkan sebagai tersangkah oleh Polda Papua adalah, hanya untuk menutupi kesalahan dan kebrutalan kepolisian dari Polres Timika pada tanggal 31 desember 2018,” Kata Juru Bicara Nasional KNPB Pusat, Ones Nesta Suhuniap, kepada Jubi pada Rabu (09/01/2019), malam pukul 01:00 Wita.

Ketua 1 KNPB Mimika, wakil ketua PRD dan satu amggota KNPB ditetapkan tersangka untuk membenarkan tidakan kepolisian yang melanggar hukum sendiri. Ini adalah upaya menutupi kasalahan dan membembenarkan polisi yang bertidak seperti Pereman yang tidak bermoral itu.

Menurutnya, Apa yang mereka lakukan adalah sangat memalukan intitusi Polri sebagai penegak hukum yang terus melanggar hukum dan udang udang.
“Sangat sedih, hukum dibuat untuk menindas rakyat, sementara penegak hukumnya memperkosa hukum. Ini adalah salah satu bentuk diskriminasi terhadap orang Papua tetapi juga hukum hanya dijadikan alat pengusa dan penegak hukum sediri,” tegas Suhuniap.

Karena, Penetapan tersangka terhadap 3 aktivis adalah murni kriminalisasi terhadap aktvis knpb dan terhadap KNPB secara organisatoris.
“Nama-nama yang proses penetapan tersangka Knpb dan Parlemen adalah Yanto Awerkion Wakil Ketua Knpb Timika, Sem Asso Wakil Ketua Parlemen Timika dan Eman Dikopia Anggota Knpb Wilayah Timika di periksa oleh kasat reskrim dari Polres Mimika,” lanjut Suhuniap.

Nesta Menjelaskan, 3 Orang menjadi tersangkah, terkait kegiatan Ibadah HUT Kantor KNPB ke-V dan lepas sambut tahun baru 2019, di Kantor OPM (KNPB-PRD) Timika, Wilayah Bomberay-West Papua pada 31 Desember 2018 lalu.

Setelah kedatangan Matius Murib, pada tanggal (07/01/2019) saudara Matius katakan “Saya ini dari pembela HAM di Papua dan membawah kedamaian seperti di Nduga” kata Matius Murib saat berjumpa dengan rakyat sipil di halaman Knpb Timika.

Dan selanjutnya diarahkan Aktivis 8 orang itu harus diperiksa akhirnya yang ada hanya Yanto Awerkion, Sem Asso, Eman Dogopia dan Vincent Gobay, dan yang empat orang lainya sudah pulang kampung semua. Akhirnya terpaksa 4 orang diperiksa oleh kasat reskrim dari Polres Mimika.

“Mereka diperiksa pada 7 Januari 2019 dari jam 4:40Am sore waktu Papua tanpa didampingi pengacara, sampai pagi jam 5:00Am pagi pada 8 Januari 2019. Kemudian, Kepolisian melepaskan Vincent Gobay dan 3 kawan lainya dibawah ke Polda Papua, tanpa memberikan surat pemberitahuan kepada keluarga maupun kepada pihak Knpb dan Parleman Timika.,” tutup Suhuniap.(*)



Share this article :

Terima kasih atas kunjungan anda, Please Comment with Facebook #By PL

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Pengunjung

Please Subscribers Channel Youtube

My Channel Youtube

Postingan Populer

 
Support : Creating Website | Pilok | Psmnews Template
Proudly powered by psmnews.org
Copyright © 2011. Psm News West Papua Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Owen Template